makalah windows xp

· ...

·

· YUGI SUSANTI

· FITRI SUNDARI

· DWI SUSILOWATI

· ATIKA PRATIWI

KATA PENGANTAR

Kami ucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. Karena berkat rahmat-Nya kami bisa menyelesaikan makalah yang menjelaskan tentang salah satu jenis sistem operasi yaitu Windows XP. Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas kelompok mata kuliah Pengantar Komputer & TI 1B.

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi sempurnanya makalah ini.

Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.

Bekasi, 23 September 2011

Penyusun

DAFTAR ISI

Daftar isi

Kata Pengantar

Bab 1. Pengenalan Windows XP

· Sejarah Windows XP

· Pengertian Windows XP

· Edisi – Edisi Windows XP

· Cara menginstal Windows XP

· Keunggulan dan kekurangan

· Daftar pustaka

BAB 1

· Sejarah Singkat Windows XP :

Windows XP sebelumnya dikenal dengan kode sandi "Whistler", yang mulai dikembangkan oleh para pengembang Microsoft pada pertengahan tahun 2000-an. Bersamaan dengan proyek ini, Microsoft juga tengah menggarap proyek Windows generasi baru penerus Windows Me (Millennium Edition) yang dinamakan dengan kode sandi "Windows Neptune" yang diproyeksikan sebagai "Windows NT versi rumahan".

Setelah Windows ME dianggap kurang sukses menyaingi kesuksesan Windows 98, Microsoft pun akhirnya memutuskan untuk mengawinkan dua buah sistem operasi Windows tersebut (sistem operasi berbasis Windows NT dan sistem operasi berbasis Windows 9x) ke dalam sebuah produk. Itulah yang kita kenal sekarang dengan Windows XP.

Windows xp atau Windows 5.1 Build 2600 adalah sebuah versi system operasi windows yang diluncurkan oleh Microsoft Corporation pada tanggal 25 Oktober 2001 di Amerika Serikat. Sebelumnya , Microsoft telah meluncurkan Windows versi 5.0 atau yang dikelnal dengan windows 2000, baik itu edisi server atau edisi professional (untuk desktop kantoran ) . namun pada kenyataannya sebagian besar penggunanya menggunakan Windows XP Profesional. Nama Xp sendiri ,menurut Microsoft merupakan singkatan dari experience , yang artinya windows XP membawa pengalaman baru dalam dunia komputasi , atau setidaknyabegitulah yang diharapkan Microsoft. Perubahan user interface dan tatacara penggunaan memang sangat revolusioner, seperti yang terjadi dari DOS ke Windows 3.0 , dan dari windows 3.1 ke Windows 95. Windows Xp sendiri berbasis pada windos NT dan termasuk dalam keluarga NT. Yang termasuk dalam keluarga NT adalah Windows 2000sserver dan windows server 2003, windows 2000 & 2003 . keluarga NT , terutama server , memiliki kemampuan yang baik untuk menjadi sebuah server . pada pertengahan 2000-an , Microsoft ,perusahaan pembuat system operasi windows , tengah menggarap Windows ME ( Millenium Edition). Namun karena windows ME dianggap kurang sukses menyaingi windows 98. Maka, Microsoft memutuskan untuk ‘mengawinkan’ dua buah system operasi windows tersebut ( sistem operasi berbasis windows NT dan sisem operasi berbasis windows 9x) kedalam sebuah produk yang sekarang ini kita kenal dengan windows Xp .

Experience, itu adalah kepanjangan dari XP pada windows XP. Windows Xp merupakan terusan atau lanjutan dari produk - produk yang dikembangkan oleh Microsoft, yaitu seperti Windows 2000 Professional, Windows Me, dll. Walaupun sekarang telah dirilis produk terbaru dari Microsoft yaitu Windows Vista dan Windows 7, namun para pengguna produk Microsoft meyakini, bahwa performa dari Windows XP masih berada diatas Windows Vista dan WIndows 7. Sehingga tidak sedikit pengguna Windows Vista yang justru Downgrade menjadi Windows XP karena performanya yang lebih tangguh, dibanding Windows 7 atau bahkan Windows Vista.

Windows XP pertama kali di release pada tanggal 25 Oktober 2001, dan sejak dirilis hingga Januari 2006 saja, menurut perkiraan seorang analis, tidak kurang dari 400 juta salinan instalasi digunakan para pengguna Microsoft Windows.Angka yang cukup fantastis untuk penjualan Sistem Operasi hanya dalam kurun waktu kurang dari 5 tahun. Dan diperkirakan angka nya akan terus bertambah hingga saat ini, mengingat banyak nya pengguna komputer yang memakai Sistem Operasi Windows.

· PENGERTIAN WINDOWS XP

Kita akan sedikit membahas tentang Windows Xp. Mengapa XP? Karena Windows Xp merupakan windows yang paling lama dapat bertengger dan dipakai oleh banyak masyarakat sebelum rilis lagi versi terbarunya Sistem Operasi Microsoft, dalam artian jarak antara diperkenalkannya Xp dengan jarak rilisnya versi terbaru sangat lama. Dan tentunya windows Xp untuk sekarang sangat familiar sekali digunakan oleh masyarkat baik personal maupun perusahaan.

Windows XP adalah jajaran sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh Microsoftuntuk digunakan pada komputer pribadi, yang mencakup komputer rumah dandesktop bisnis, laptop, dan pusat media (Media Center). Nama "XP" adalah kependekan dari "Experience". Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Professional dan Windows Me, dan merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitekturWindows NT. Windows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001, dan lebih dari 400 juta salinan instalasi digunakan pada Januari 2006, menurut perkiraan seorang analis IDC. Windows XP digantikan oleh Windows Vista, yang dirilis untuk penggunavolume license pada 8 November 2006, dan di seluruh dunia untuk masyarakat umum.

Pada tanggal 30 Januari 2007. Banyak Original Equipment Manufacturer (OEM) dan juga penjual ritel menghentikan produksi perangkat dengan Windows XP pada tanggal30 Juni 2008. Microsoft sendiri terus menjual Windows XP melalui Custom-built PC(OEM kecil yang menjual komputer rakitan) sampai dengan 31 Januari 2009. Windows XP mungkin akan tetap tersedia bagi para pengguna korporasi dengan volume licensing, sebagai sarana downgrade untuk komputer-komputer yang belum siap menjalankan sistem operasi baru, Windows Vista Business Edition atau Ultimate Edition atau Windows 7 Professional.

a. Interface

adalah menunjukan tampilan desktop pada Windows Xp yang sudah merupakan visual yang dinamis jika dibandingkan dengan versi windos dibelakangnya seperti Windows98 kebawah.

b. Taskbar dan Star Menu Properties

Taskbar pada Windows Xp digunakan sebagai pengatur segala macam komponen yang terdapat pada taskbar tersebut. Seperti menampilkan jam, menyembunyikan ikon yang tidak aktif, mengunci taskbar supaya tidak bisa di pindahkan baik ke atas ataupun ke samping, menyembunyikan taskbar (autohide), menampilkan taskbar diatas supaya jika aplikasi berjalan taskbar masih berada diposisi paling atas, mengelompokkan atau grup aplikasi yang sama, misalnya kita membuka 5 file dokumen word maka akan diperlihatkan satu dokumen word dan ketika mau melihat semuanya tinggal di klik di file yang terlihat tadi lalu bisa dipilih dari kelima tersebut mana yang mau diaktifkan, menampilkan quick launch. Pada Star Menunya kita dapat merubah tampilan Star Menu (gambar 2) baik ke dalam bentuk klasik maupun bentuk modern (default)

c. Control Panel

Contol panel pada windows Xp digunakan untuk mengatur berbagai macam settingan untuk mengoptimalkan windows Xp itu sendiri.

· Accessibility Options

Digunakan untuk mengatur Windows Xp supaya dapat digunakan oleh orang-orang yang memiliki kemampuan fisik yang terbatas.

· Add Hardware

Digunakan untuk menginstall hardware baru, misalkan vga card, modem, sound card.

· Add or Remove Programs

Yaitu tempat menampilkan list aplikasi yang sudah terinstal di Windows Xp, jika kita akan menghapus salah satunya maka tinggal mengklik Remove dan jika akan mengupdate aplikasi (merubah setingan instalasi komponen apa saja yang akan diinstal) maka tinggal mengklik Change

· Administrative Tools

Digunakan utnuk para teknisi untuk mengubah dalam hal pemrograman dalam Windows. Misalnya untuk melihat service, ODBC, computer management, dan lain-lain

· Automatic Updates

Digunakan pula untuk menentukan waktu untuk mengupdate Windows.

· Date and Time

Mengatur waktu, hari tanggal tahun dan jona tempat kita berada di suatu Negara atau wilayah.

· Display

Digunakan untuk merubah tampilan Windows Xp, misalkan mengganti tema, mengganti background, memasang screen saver, mengganti resolusi monitor.

· Folder Options

Menampilkan opsi folder pada window explorer, bisa tampilan folder, di sembunyikan-ditampilkan, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

· Fonts

Melihat daftar font atau huruf yang terinstal di Windows, anda bisa pula menambah atau menguranginya.

· Game Controllers

Untuk melihat apakah Gamepad atau Joystik kita sudah terpasang dengan sempurna dan bisa juga digunkan untuk memasukan atau menginstall Game Control baru serta bisa di setting sesuai keinginan.

· Internet Options

Untuk pengaturan browsing internet, misalkan security, homepage, privacy, content, connection dan lain-lain.

· Keyboard

Digunakan untuk menyeting berbagai macam yang berhubungan dengan keyboard seperti cursor blink rate, dan bisa juga untuk melihat jenis dan pabrikan keyboard yang kita gunakan.

· Mouse

Digunakan untuk mengatur kecepatan double klik, merubah tema pointer, efek pointer dan untuk melihat jenis dan merk mouse yng kita gunakan.

· Network Connections

Untuk melihat list akses point atau dial up, lan yang sudah di setting.

· Network Setup Wizard

Pengaturan langkah demi langkah untuk membuat network, bisa LAN ataupun yang terhubung ke Internet.

· Phone and Modem Options

Digunakan untuk membuat akses poin dengan menggunakan modem ataupun modem telepon.

· Portable Media Device

Melihat list hardware yang terintagrasi langsung dengan Media hiburan misalkan dengan Windows Media Player.

· Power Options

Pengaturan dalam mengefisiensikan listrik, misalnya pengaturan turn off monitor, mematikan komputer, stanby dan lain-lain.

· Printers and Faxes

Digunakan untuk melihat printer yang sudah terpasang di Windows kita, bisa pula digunakan untuk menginstall printer atau faximil baru.

· Regional and Language Options

Untuk mengatur dimana kita berada, mengatur standard dan format yang digunakan sesuai dengan Negara kita, bahasa yang digunakan.

· Scanner and Camera

Untuk melihat scanner atau kamera yang telah terinstall dan bisa juga digunakan untuk memasukan scanner atau kamera baru.

· Scheduled Tasks

Untuk mengatur penjadwalan. Bisa untuk maintenance Windows, penjadwalan update dan lain-lain yang berhubungan dengan skejul.

· Security Center

Mengatur keamanan dalam berinternet, firewall dan automatic updates.

· Sounds and Audio Device

Digunakan untuk menyeting volume, tipe speaker, sound scheme, audio, recording, dan lain-lain.

· Speech

Digunakan untuk Speech atau berbicara. Jadi seolah-olah Windows bisa membaca teks (berbicara).

· System

Untuk melihat informasi mengenai system yang terinstal. Misalkan versi Windows berapa, Processornya apa, jumlah RAM, mellihat semua hardware, update, system restore dan masih banyak lagi.

· Taskbar and Star Menu

Untuk mengatur visualisasi taskbar, mulai dari tampilan ketika kita mengklik star, sampai auto hide taskbar, menampilkan quick launch, hide icon, tampilan star menu versi classic atau modern, dan masih banyak lagi pengaturan didalamnya.

· User Accounts

Digunkan untuk mengatur akun kita, baik pembuatan akun baru, menghapus akun, mengaktifkan Guest akun ataupun mengedit akun lainnya.

· Windows Firewall

Untuk pengaturan keamanan juga, misalakan bisa memblokir dan memanage komunikasi antar komputer baik network LAN maupun Internet, memblokir aplikasi yang bisa dianggap berbahaya, dan lain-lain.

· Wireless Network Setup Wizard

Mengatur pengaturan network nirkabel, bisa bluetoot, WiFi, dan lain-lain.

d. Command Prompt

Command prompt merupakan aplikasi bawaan dari Windows Xp yang mana hampir sama penggunaannya dengan MS-DOS. Command prompt bisa dikatakan dan digunakan sebagai tempat untuk memerintah (command). Command prompt berbasiskan text line yang bisa digunakan untuk mengatur komputer / Windows.

Perintah-perintah yang terdapat pada command prompt banyak sekali sebagai contoh : MD, CD, RD, DIR, TREE. Itu merupakan perintah-perintah dasarnya saja.

· MD (Make Directory), yaitu perintah yang digunakan ketika kita akan membuat sebuah directory atau bisa dibilang folder.

· CD (Change Direktory), yaitu untuk masuk kedalam folder ataupun keluar dari folder tersebut.

· RD (Remove Directory), yaitu berfungsi untuk menghapus folder syaratnya kita harus berada di folder parent dari folder yang mau dihapus.

· DIR, digunakan untuk melihat properties yang di punyai folder bisa berupa daftar file yang ada di folder tersebut, ukuran file, alamat file, jumlah file dan lain-lain.

· TREE, digunakan untuk melihat pohon atau letak dari folder-folder ataupun subfoldernya.

· Edisi – Edisi Windows

Windows XP tersedia dalam berbagai macam edisi. Edisi yang paling umum dari sistem operasi Windows XP adalah Windows XP Home Edition, yang ditargetkan untuk pengguna rumahan, dan juga Windows XP Professional, yang menawarkan fitur-fitur tambahan seperti dukungan untuk domain Windows Server dan dua prosesor fisik, dan ditargetkan di pasar power user, bisnis dan perusahaan klien. Sementara itu, Windows XP Media Center Edition memiliki fitur multimedia tambahan yang menawarkan kemampuan untuk merekam dan menonton acara TV, melihat film DVD, dan mendengarkan musik. Ada lagi Windows XP Tablet PC Edition didesain khusus untuk platform PC Tablet, yakni sebuah komputer pribadi yang menggunakan stylus. Windows XP akhirnya dirilis untuk dua arsitektur tambahan selain tentunya Intel i386, yang disebut dengan Windows XP 64-bit Edition untuk prosesor berarsitektur IA-64 (Itanium) dan Windows XP Professional x64 Edition untuk prosesor berarsitektur x86-64. Ada juga Windows XP Embedded, sebuah versi Windows XP Professional yang dikurangi segala fiturnya di sana sini untuk pasar tertentu, dan Windows XP Starter Edition yang dijual di beberapa negara berkembang. Pada pertengahan 2009, sebuah pabrik pertama mengungkapkan bahwa mereka memiliki sebuah telepon selular berbasis sistem operasi Windows XP.

Windows XP muncul dalam banyak jenis:

* Windows XP Professional

* Windows XP Home Edition

* Windows XP Media Center Edition

* Windows XP Tablet PC Edition

* Windows XP Starter Edition

* Windows XP Professional x64 Edition

* Windows XP Professional 64-Bit Edition for Itanium

1. Windows XP Professional

Windows XP Professional adalah Sistem Operasi Windows XP yang dibuat khusus untuk komputer yang terhubung kedalam sebuah jaringan dengan domain yang dikelola oleh Active Directory milik Windows Server 2000 atau WIndows Server 2003. Fitur pada Windows XP Professional ini dinilai lebih lengkap dari Windows XP Home Edition. Windows XP Professional ini snediri dapat menjadi komputer server walau hanya menampung kurang lebih 10 client yang login secara bersama - sama

*

*

2. Windows XP Home Edition
Winsows XP Home Edition adalah Windows XP yang ditujukan untuk kalangan rumahan. Pada dasarnya, tidak ada perbedaan yang mencolok antara Windows XP Home Edition dengan Windows XP Professional . Yang membedakan hanya ada pada fitur jaringan. Dimana WIndows XP Home Edition ini tidak di design untuk banyak pengguna, seperti komputer yang berada dalam suatu jaringan komputer. Windows XP Home Edition ini juga ditujukan untuk menggantikan yang sebelumnya yaitu Windows 98 dan Windows ME ayng jgua merupakan Sistem Operasi Windows XP untuk kalangan rumahan.

3. Windows XP Media Center Edition
Windows XP Media Center Edition adalah versi Windows XP yang dibuat khusus untuk perangkat semacam Hi-Fi, dan PC yang diletakkan di ruang duduk. Pada dasarnya, Windows XP Media Center merupakan Windows XP Home Edition yang ditambahi dukungan sebagai perekam video pribadi atau yang biasa disebut personal video recorder.

4. Windows XP Tablet PC Edition
Windows XP Tablet Edition ini di buat untuk PC yang ultra-portabel , yang disebut oleh Microsoft degnan sebutan Tablet PC. Dilihat dari segi bentuk, bentuk Tablet PC ini sangat minimalis sperti PDA(Personal Digital Assistant) namun kemampuannya dapat setara dengan laptop ataupun notebook..

5. Windows XP Starter Edition
Ini merupakan Window XP home Edition yang diterjemahkan kedalam bahasa lokal masing-masing. dengan menggunakan LIP atau Language Interface Pack. Menurut sumber yang ada Windows Xp Starter Edition dibuat oleh Microsoft untuk memerangi Linux
.

6. Windows XP Professional x 64 Edition
Merupakan versi Windows Xp yang di khususkan untuk prosessor dengan arsitektur x86-64. Prosessor yang menggunakan arsitektur yang seperti itu terbatas hanya pada AMD dengan arsitektur 64 seperti AMD Athlon 64 dan AMD Opteron. Sedangkan dari Intel ada Intel Pentium 4 dengan Extended Memory 64-bit technologi

7. Windows XP Professional 64-bit Edition for Itanium
merupakan versi yang sangat terbatas sekali dilihat dari segi penjualannya. Akan tetapi, produk ini mendukung teknologi mikroprosessor yang sangat bagus, yaitu Intel Itanium dan Intel Itanium 2. Bedanya dari Windows XP Professional x64 Edition adalah dukungannya terhadap prosessor itanium Windows XP Professional 64-bit Edition telah dihentikan proses produksinya setelah Hewlett-Packard , yaitu pendiri produk HP dan satu-satunya produsen yang menawarkan workstation dengan prosesor Itanium, menghentikan penjualan workstation miliknya.

Fitur dan peningkatan

Windows XP diketahui sebagai sebuah sistem operasi yang memiliki kestabilan yang telah ditingkatkan dari pendahulunya, dan juga memiliki efisiensi yang lebih baik daripada Windows 98, Windows ME, dan Windows 2000 Professional. Hal ini dikarenakan Windows XP menerapkan sebuah teknik manajemen software yang dapat menghindari apa yang disebut dengan "neraka DLL" atau "DLL HELL". Selain itu, tampilan Windows XP pun dirombak, hingga menjadi lebih mudah untuk digunakan.

Berikut ini adalah fitur dari Windows XP Professional (karena dianggap paling lengkap)

Dukungan terhadap sistem domain Active Directory

Active Directory adalah sistem domain yang digunakan di dalam Windows Server 2000 dan Windows Server 2003. Dengan menggunakan Active Directory, sistem-sistem Microsoft Windows dapat diatur dari satu tempat saja yaitu dari sistem yang menjalankan Active Directory itu sendiri. Fitur ini sangat berguna jika diaplikasikan dalam perusahaan yang cukup besar, karena akan menyederhanakan semua proses autentikasi.

Peningkatan pengaturan kontrol akses

Sebagai sistem operasi yang ditujukan untuk pengguna korporasi, tentunya Windows XP telah dilengkapi dengan fitur pengaturan kontrol akses. Fitur tersebut digunakan untuk membatasi akses terhadap siapa saja yang tidak memiliki hak akses terhadap sebuah objek tertentu. Meskipun hal ini bukanlah teknologi baru, karena telah diimplementasikan dalam sistem operasi berbasis UNIX, implementasi fitur ini dalam Windows XP telah diterapkan secara lebih canggih dibandingkan dengan UNIX, mengingat sistem operasi UNIX membatasi akses dengan menggunakan atribut file permission. Sistem operasi sebelumnya, seperti Windows 9x, tidak dilengkapi dengan fitur ini, sehingga setiap orang akan memiliki hak untuk mengakses setiap berkas tanpa kesulitan.

· CARA MENGINSTAL WINDOWS XP

Windows XP adalah suatu sistem pengoperasian (operating system) yang paling populer walaupun telah hadir windows vista, windows 7, tetapi banyak dari mereka beralih ke windows xp dikarenakan banyak hal seperti windows vista yang pengoperasiannya terlalu berat. dan juga mayoritas penggunanya yang masih rata-rata memakai windows xp.
Selain itu windows xp menawarkan kemudahan dalam pemakaiannya. dan juga digunakan sebagai standarisasi pembelajaran yang di pakai oleh sekolahan-sekolahan bahkan hingga perguruan tinggi pada umumnya.
Mungkin sebagian orang banyak yang sudah mengerti bagaimana
cara instal windows xp. tetapi disini mendedikasikan bagi mereka yang belum mengerti proses dan cara installnya.
Dalam melakukan Instalasi windows xp diperlukan ketelitian dan kesabaran dalam prosesnya karena memerlukan waktu yang lumayan cukup lama.
Sebelum proses instalasi perlu kita ketahui beberapa jenis windows xp yang sering digunakan diantaranya windows xp professional, Home Edition, Media Center Edition, Tablet PC Edition, Starter Edition, Professional x64 Edition, Professional 64-bit Edition For Itanium.
Windows Xp juga mempunyai beberapa jenis windows xp sp (service pack) 1, windows xp sp2 hingga windows xp sp 3.

Di bawah ini adalah langkah-langkah yang mudah dan lengkap dalam proses instalasi windows xp :
1. Siapkan CD WINDOWS XP
2. Siapkan CD DRIVER MOTHERBOARD
3. Atur bios terlebih dahulu agar prioritas bootingnya dimulai dari CD(DVD)-ROM, caranya:
a. Masuk ke BIOS dengan menekan tombol Del, atau F1, atau juga F2.
Pilih menu Advanced Settings, kemudian carilah ‘Boot Priority’ atau yang sejenis.

b. ubah pengaturanya, agar CDROM jadi urutan yang pertama kemungkinan pilihan ini ada 2 jenis
* menu ‘First boot priority’, ‘Second boot priority’ dll: Aturlah ‘First boot priority’ ke ‘CDROM’ dengan menekan tombol PgDn/Pgup (Page Down/Up) atau +/-.
Atur juga ‘Second boot priority’nya ke HDD0/HDD1.
* Jika menunya ‘Boot priority’: atur ke ‘C DROM, C, A’ atau ‘CDROM, A,

C. dengan menekan tombol PgDn/Up.

Cara mudah menginstal windows xp
(lengkap dengan gambar) :


Tidak perlu di utak-atik biosnya. biarkan saja bios diload masukin CD WINDOWSnya, lalu Restart komputer, trus tekan-tekan F8 atau F10 atau F11 (boleh dicoba satu-satu karena berbeda pada sebagian komputer) nanti bakal muncul opsi boot selection. pilih aja yg ada tulisan cd-nya. kemudia enter.
selesai......

4. Tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan "press any key to boot from CD" seperti tampilan Seperti gambar dibawah ini :



5. Tekan ENTER atau sembarang tombol, lalu proses instalasi akan mengecek hardware komputer anda, kemudian akan muncul tulisan "windows setup" seperti gambar dibawah ini :



6. lalu file-file di dalam cd akan di load ke dalam komputer, kemudian akan muncul tampilan "welcome to setup" seperti gambar dibawah ini :



7. Tekan "ENTER" untuk menginstal windows xp, "R" untuk repair system windows yang sebelumnya pernah terinstal, "F3" untuk keluar dari proses instalasi, lalu akan muncul (End User Licese Aggrement) seperti gambar di bawah ini :



8. Tekan "F8" kemudian proses instalasi akan mencari dan membaca partisi hardisk anda, kemudian akan muncul semua partisi hardisk anda, seperti gambar di bawah ini :



9. Tekan "ENTER" untuk langsung menginstal windows, "C" untuk membuat partisi hardisk anda, kapasitas partisi sesuai dengan kebutuhan anda, dalam satuan MB, selanjutnya jika anda membuat partisi dengan menekan tombol "C", maka akan muncul gambar seperti di bawah ini :



10. Kemudian tuliskan kapasitas partisi yang ingin anda buat, seperti terlihat pada gambar diatas, sebagai contoh, misalkan kapasitas hardisk anda 40 GB, lalu anda ingin membagi dua, maka tuliskan 20000, jangan 20, karna partisi satuannya MB, tentunya anda sudah mengerti karena 1GB = 1000 MB

11. Kemudian tekan "ENTER" maka akan muncul gambar seperti dibawah ini :



12. kemudian pilih "format the partition using the NTFS file system (Quick)" atau "format the partition using the NTFS file system (Quick)" lalu tekan "ENTER" maka akan muncul layar sepert gambar di bawah ini



13. Kemudian arahkan pointer pada posisi "unpartitioned space", lalu tekan "C" maka akan muncul gambar seperti gambar sebelumnya, dalam hal ini layar yang akan muncul seperti gambar sebelumnya menunjukan sisa partisi yang telah anda bagi, jika anda cuma membagi 2 partisi saja maka langsung tekan "ENTER" tapi jika anda ingin mempartisi lagi sisa hardisknya maka tinggal di bagi lagi saja, seperti langkah-langkah sebelumnya..

Setelah selesai partisi ketika anda menekan "ENTER" seperti yang di jelaskan di atas, maka akan muncul gambar sperti gambar diatas, setelah itu arahkan poiter di posisi C: partition1 [New Raw], tapi biasanya sudah berada di posisi tersebut, maka anda tinggal menekan "ENTER" saja untuk proses instalasi windows, kemudian akan muncul proses format seperti gambar di bawah ini :



14. Setelah selesai format, kemudian windows akan menyalin file untuk proses instalasi, seperti gambar di bawah ini :



15. Setelah proses penyalinan selesai, secara otomatis komputer akan melakukan restart seperti gambar di bawah ini, dalam hal ini untuk mempercepat proses restart, anda bisa langsung menekan "ENTER"

16. Setelah itu akan muncul loading windows seperti gambar di bawah ini :



17. selanjutnya proses instalasi windows di mulai 1..2..3...GOoooo muncul layar seperti gambar di bawah ini :



18. Selanjutnya tinggal menunggu, setelah loading selesai selanjutnya akan muncul layar seperti gambar di bawah ini :

19. Langsung klik "NEXT" saja lalu mucul lagi bos layar seperti gambar di bawah ini :



20. Isi nama dan organisasinya, terserah anda... lalu tekan "NEXT" kemudian akan muncul layar seperti gambar di bawah ini :



21. Masukan serial numbernya, jangan sampai salah ya.. kemudian tekan "Next" selanjutnya akan muncul layar administrator, lalu diisi dengan nama terserah untuk komputer anda,..
Jika ingin memakai password tinggal diisi juga passwordnya,.
lalu tekan "Next" maka muncul layar Date and Time Setting seperti gambar di bawah ini :

22. Masukkan settingan jam dan tanggal, tentukan juga time zone anda, untuk jakarta : pilih GMT+7 Klik"Next" Setelah itu proses instalasi windows dilanjutkan, seperti gambar di bawah ini :



23. Silahkan Menunggu (diperlukan waktu lumayan lama),.... hingga muncul layar seperti gambar di bawah ini :


24. Selanjutnya akan muncul layar work group or computer Domain,seperti gambar di bawah ini



25. jika komputer anda terhubung dengan sebuah domain, maka isikan nama domainnya, tapi jika komputer anda stand alone, maka pilih radio button yang paling atas, lalu tekan "Next"

26. Selanjutnya akan muncul display setting, seperti gambar di bawah ini, lalu klik "OK"



27. Kemudian windows akan mendeteksi tampilan optimal dari PC anda, seperti terlihat pada gambar di bawah ini, kemudian Klik "OK" lagi.



28. Proses instalasi hampir selesai..... selanjutnya akan muncul loading jendela windows seperti gambar di bawah ini :



29. Selanjutnya anda akan dibawa masuk ke dalam windows untuk pertama kalinya seperti terlihat pada gambar di bawah ini, tekan "Next" untuk melanjutkan



30. Selanjutnya akan muncul layar "Help Protect Your PC", seperti gambar di bawah ini, kemudian pilih"Not Right Now" lalu tekan "Next"



31. Kemudian komputer akan mengecek koneksi ke internet, seprti terlihat pada gambar di bawah ini, pilih"Yes" lalu tekan "Next"

32. Kemudian akan muncul pilihan aktivasi windows, seperti gambar di bawah ini, lalu tekan "Next"



33. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini yang menunjukan pilihan untuk menambah pengguna komputer, Anda bisa memasukkan beberapa pengguna yang akan mengakses komputer Anda, Namun satu akun pun sudah cukup, atau Anda menginstal komputer untuk dipakai bergantian, cukup masukkan satu user kemudian klik "Next"

34. Proses instalasi windows selesai, kemudian akan muncul layar seperti gambar di bawah ini, klik"finish", maka proses instalasi selesai.....



35. Selesailah sudah semua.... dan akan muncul tulisan "welcome" kemudian perlahan masuk ke windowsnya seperti telihat pada gambar di bawah ini :




36. Kemudian tinggal menginstal CD Driver Motherboad, dan perangkat pendukung lainnya....

Demikianlah langkah-langkah dan panduan
cara install windows xp lengkap berikut gambarnya.

KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN WINDOWS XP

Keunggulan Windows XP :

Microsoft Windows XP memiliki stabilitas yang tinggi terhadap sistem yang dimilikinya.

Aplikasi yang dijalankan pada system Windows XP dapat dijalankan oleh komputer lain melalui internet.

Dengan menggunakan Remote Assistence kita dapat memonitor kerusakan komputer yang terjadi pada komputer lain dari jarak jauh melalui internet.

Memiliki sistem keamanan yang dapat digunakan untuk melindungi folder-folder khusus agar dapat digunakan oleh pemiliknya sendiri.

Windows XP dapat digunakan untuk berbagi aplikasi secara real time ke seluruh dunia.

Kekurangan Windows Xp :

Pihak Microsoft sangat membatasi kenyamanan pemakaian terhadap sistem operasi Windows XP ini dimana setiap pengguna harus melakukan aktivasi pihak Microsoft pada periode-periode tertentu.

Tidak adanya Java Virtual Machine seperti generasi-generasi Windows sebelumnya.

DAFTAR PUATAKA

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Windows_XP

http://artha17.blogspot.com/2010/09/kenalkah-dengan-windows-xp.html

http://1.bp.blogspot.com/_4p8eN7P0xd0/S202DInl7VI/AAAAAAAAACg/6PdOv4KnMhU/s320/windows+xp11.jpg

Http://google.com

COMMENTS

Name

HIBURAN Tugas Kuliah Tulisan UG
false
ltr
item
My Little World : makalah windows xp
makalah windows xp
file:///C:/Documents%20and%20Settings/User/My%20Documents/Downloads/PicExportError
My Little World
http://yugisusanti.blogspot.com/2011/09/makalah-windows-xp.html
http://yugisusanti.blogspot.com/
http://yugisusanti.blogspot.com/
http://yugisusanti.blogspot.com/2011/09/makalah-windows-xp.html
true
5271802375267296507
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy