TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU 4

TUGAS PENGBIS MINGGU 4 1. SEBUTKAN PERBEDAAN WIRASWASTA DAN WIRASWASTAWAN SERTA UNSUR APA YANG DIMILIKI WIRASWASTA? Perbedaan anta...

TUGAS PENGBIS MINGGU 4

1. SEBUTKAN PERBEDAAN WIRASWASTA DAN WIRASWASTAWAN SERTA UNSUR APA YANG DIMILIKI WIRASWASTA?

Perbedaan antara wiraswasta dan wiraswastawan yaitu wiraswasta adalah bidang usaha atau perusahaan yang dibangun oleh seseorang dengan kepribadian tertentu. Sedangkan wiraswastawan adalah seseorang yang memiliki kepribadian tertentu secara kualitatif lebih dari manusia pada umumnya yakni memiliki kemampuan berdiri sendiri diatas kemampuan sendiri, mengambil resiko, menetapkan tujuan atas pertimbangan sendiri, memiliki semangat bersaing yang kuat, beroorientasi kerja keras, kreatif inovatif, motivasi berprestasi dan lain-lain.

Unsur-unsur yang dimiliki wiraswasta yaitu:

- Pengetahuan

- Keterampilan

- Sikap Mental

- Kewaspadaan

2. BAGAIMANA PERKEMBANGAN FRANCHISING DI INDONESIA?

Perkembangan franchising di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Perkembangan franchise pada tahun 1970an

Keberadaan KFC, Swensen, dan Shake Pisa pada tahun 1970an, mengawali hadirnya konsep franchising atau yang lebih dikenal dengan istilah waralaba di Indonesia yang kemudian diikuti oleh Burger King dan Seven Eleven.

  • Perkembangan franchise pada tahun 1980an

Bisnis franchise mengalami perkembangan pada era ini. Ini terbukti dengan masuknya berbagai usaha franchise pada tahun 1985 terutama pada bisnis makanan, seperti : Pizza Hut, Mc. Donald, dalam bisnis eceran seperti : Carefour, Smart dll.

  • Perkembangan franchise pada tahun 1990an

Perkembangan franchise di Indonesia semakin signifikan memasuki tahun 1990an terutama jenis franchise yang berasal dari luar negeri yang berjumlah 29, 6 franchise yang berasal dari domestik dan tersebar kurang lebih sebanyak 300 outlet di Indonesia pada tahun 1992. Franchise menarik perhatian para investor terutama investor asing untuk ikut serta dalam menanamkan modalnya di Indonesia karena telah di rasa bahwa pertumbuhan perekonomian Indonesia yang semakin membaik, politik yang telah stabil, dan keamanan yang terjamin. Pada tahun 1997, jumlah perkembangannya mengalami peningkatan kembali dengan 235 franchise berasal dari luar negeri dan 30 franchise lokal sehingga jika dijumlah menjadi 265 dengan jumlah outlet sebanyak kurang lebih 2000. Namun pada tahun 1998 industri franchise di Indonesia jatuh dikarenakan krisis ekonomi yang yang melanda negeri ini pada tahun 1997. Kondisi ini mengakibatkan banyak investor (franchisor) asing yang hengkang dari Indonesia dan kurang lebih 500 outlet terpaksa ditutup karena kondisi yang tidak memungkinkan ini. Tapi kondisi seperti ini justru menguntungkan bagi Indonesia karena franchise lokal mulai memadati pasar franchise dari 30 merek dagang menjadi 85 yang berkembang.

  • Perkembangan franchise pada tahun 2000an-sekarang

Memasuki abad ke-20, perkembangan franchise di Indonesia semakin meningkat. Khususnya pada franchise lokal yang setiap tahunnya mengalami kenaikan. Sedangkan untuk usaha franchise asing relative stabil karena hanya mengalami penurunan dan kenaikan yang tidak cukup tinggi.


3. BERI 5 CONTOH RIIL USAHA FRANCHISING YANG BERGERAK DI BIDANG:
- PENDIDIKAN
- KESEHATAN
- SALON DAN PERAWATAN
- MAKANAN DALAM NEGERI/LOKAL
- OTOMOTIF

Contoh riil usaha franchising yang bergerak di bidang :

  • Pendidikan : Primagama, EF (English First), ILP, Super Kids, Fastractkids, dan Tutor Net.
  • Kesehatan : Kalbe Farma, Kimia Farma Apotek, Apotek K24, Erha Clinic, dan Natura-Health Center.
  • Salon dan Perawatan : Johnny Andrean Salon, Martha Tilaar Beauty Gallery, Moz5 Salon Muslimah, Lutuye Salon, dan House of Ristra-Beauty Salon.
  • Makanan dalam Negeri/Lokal : Wong Solo, Edam Burger, Bakmi Golek, Waroeng Kebab, dan Sabana Fried Chicken.
  • Otomotif : Cling Car Care & Car Wash, King Aouto Interior, Bengkel AHASS - Astra Honda Motor, Bengkel Yamaha, dan HMTC - Bengkel Resmi Motor & Service Center.


4. JELASKAN PERBEDAAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN BISNIS KECIL DENGAN CONTOH KASUS YANG NYATA?


Perbedaan kewirausahaan dengan bisnis kecil yaitu kewirausahaan adalah suatu bentuk usaha berskala lebih luas apabila dibandingkan dengan bisnis kecil-kecilan, dibangun dengan modal sendiri, berani menanggung resiko sendiri dan memiliki tujuan/rencana untuk mengembangkan usaha/bisnis tersebut lebih luas lagi. Sedangkan Bisnis kecil adalah suatu bentuk usaha berskala kecil yang dibangun dengan modal sendiri dan tidak memiliki tujuan/rencana untuk mengembangkan usaha/bisnisnya. Karena bisnis kecil biasanya hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari si pemilik usaha saja.


Contoh kasus yang nyata antara kewirausahaan dengan bisnis kecil misalnya: Jack Matz, mantan eksekutif sebuah perusahaan di Houston, yang kehilangan pekerjaan ketika perusahaannya merger. Kemudian Matz membuka bisnis fotocopy dekat sebuah universitas lokal. Tujuannya adalah mendapatkan cukup uang untuk hidup nyaman sampai dia pensiun 10 tahun lagi. Matz adalah seorang pemilik bisnis kecil, tetapi ia sebenarnya bukanlah wirausahawan. Karena ia tidak punya rencana untuk mengembangkan bisnisnya. Sebaliknya, seorang wirausahawan akan membuka pusat fotocopy dengan menciptakan jaringan yang lebih luas untuk menyaingi firma Kinko saat itu.

COMMENTS

Name

HIBURAN Tugas Kuliah Tulisan UG
false
ltr
item
My Little World : TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU 4
TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU 4
My Little World
http://yugisusanti.blogspot.com/2011/11/tugas-pengantar-bisnis-minggu-4.html
http://yugisusanti.blogspot.com/
http://yugisusanti.blogspot.com/
http://yugisusanti.blogspot.com/2011/11/tugas-pengantar-bisnis-minggu-4.html
true
5271802375267296507
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy