Kebutuhan Manusia

Kebutuhan merupakan keinginan akan barang dan jasa untuk dipenuhi dalamkehidupan manusia. Sebagai contoh: peralatan sekolah yang merupakanke...

Kebutuhan merupakan keinginan akan barang dan jasa untuk dipenuhi dalamkehidupan manusia. Sebagai contoh: peralatan sekolah yang merupakankebutuhan bagi seorang pelajar. Jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi,kemungkinkan seorang pelajar akan terganggu dalam proses belajarnya.Kebutuhan manusia tidak terbatas. Hal ini memang sudah menjadi kodrat, bahkanmanusia tidak pernah meras puas, setiap kebutuhan yang satu terpenuhi akanmuncul kebutuhan lainnya untuk segera dipenuhi. Jenis -jenis kebutuhanKebutuhan secara umum dapat digolongkan menurut intensitasnya/ tingkatkepentingannya, sifatnya, waktu pemenuhannya, dan subjeknya.
a. Kebutuhan menurut intensitasnya (tingkat kepentingannya) Menurutintensitasnya, kebutuhan dibagi menjadi tiga, yaitu:
• Kebutuhan primer, merupakan kebutuhan utama manusia dalammempertahankan hidupnya. Untuk dapat hidup manusia membutuhkan makanan, air minum, pakaian, dan tempat tinggal. Kebutuhan ini sering disebut sebagaikebutuhan alamiah manusia akan sandang, pangan, dan papan.
• Kebutuhan sekunder, merupakan kebutuhan yang sifatnya melengkapi danmempermudah manusia. Kebutuhan sekunder harus terpenuh setelah kebutuhanprimer terpenuhi. Setelah manusia bias makan, minum, dan bertempat tinggal, iaakan berusaha bagaimana memiliki alat-alat rumah tangga seperti televisi, jam,sepeda motor dan lain sebagainya agar hidupnya lebih mudah dan nikmat.
• Kebutuhan tersier, adalah kebutuhan yang bersifat kepuasan semata, contohkebutuhan akan barang-barang mewah, seperti mobil, perhiasan mahal, adanbarang-barang mewah lainnya. Kebutuhan tersier ini dipenuhi dalam rangkameningkatnya prestise (status seseorang).
b. Kebutuhan menurut sifatnya Menurut sifatnya, kebutuhan digolongkan menjadidua , yaitu:
• Kebutuhan jasmani, adalah kebutuhan dari raga/ badan kita, seperti kebutuhanmakan, minum, pakaian, dan sebagainya.
• Kebutuhan rohani, adalah kebutuhan dari jiwa kita, seperti hiburan, ibadah,ketenangan, dan lain sebagainya.
• c. Kebutuhan menurut waktu pemenuhannya Berdasarkan waktupemenuhannya, kebutuhan dibedakan menjadi dua yaitu:
• Kebutuhan masa sekarang, adalah kebutuhan yang haruss segera dipenuhi,seperti obat untuk orang yang sakit, istirahat dibutuhkan saat kita lelah, dansebagainya.
• Kebutuhan yang akan datang, merupakan kebutuhan yang pemenuhannyadapat ditunda. Seperti kebutuhan akan barang-barang yang tidak harus segeradipenuhi.
d. Kebutuhan menurut subjeknnya Menurut subjeknya kebutuhan dibagi atas:
• Kebutuhan pribadi, adalah kebutuhan pribadi masing-masing orang, seperti;pakaian, makanan, dan barang-barang pribadi lainnnya.
• Kebutuhan umum, adalah kebutuhan akan barang dan jasa yang dapatdigunakan oleh banyak orang, seperti; jalan, tempat ibadah, sekolah, dansebagainya.
*) Kebutuhan-kebutuhan tersebut berbeda antara orang-orang yang satu denganyang lain, tergantung pada situasi dan kondisi yang satu dengan yang lainnya. Mobil dapat berubah menjadi kebutuhan sekunder bagi orang-orang diperkotaan. Computer dapat menjadi kebutuhan sekarang pada saat anak-anak kuliah dijurusan informatika.
Sumber :
http://ekonomikro.blogspot.com/2010/09/kebutuhan-manusia.html

COMMENTS

Name

HIBURAN Tugas Kuliah Tulisan UG
false
ltr
item
My Little World : Kebutuhan Manusia
Kebutuhan Manusia
My Little World
http://yugisusanti.blogspot.com/2011/12/kebutuhan-merupakan-keinginan-akan.html
http://yugisusanti.blogspot.com/
http://yugisusanti.blogspot.com/
http://yugisusanti.blogspot.com/2011/12/kebutuhan-merupakan-keinginan-akan.html
true
5271802375267296507
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy