struktur produksi

Struktur Produksi Struktur produksi adalah logika proses produksi, yang menyatakan hubungan antara beberapa pekerjaan pembuatan komponen s...

Struktur Produksi
Struktur produksi adalah logika proses produksi, yang menyatakan hubungan antara beberapa pekerjaan pembuatan komponen sampai menjadi produk akhir, yang biasanya ditunjukkan dengan menggunakan skema.Struktur produksi nasional dapat dilihat menurut lapangan usaha dan hasil produksi kegiatan ekonomi nasional. Berdasarkan lapangan usaha struktur produksi nasional terdiri dari sebelas lapangan usaha dan berdasarkan hasil produksi nasional terdiri dari 3 sektor, yakni sektor primer, sekunder, dan tersier.
Sejalan dengan perkembangan pembangunan ekonomi struktur produksi suatu perekonomian cenderung mengalami perubahan dari dominasi sektor primer menuju dominasi sektor sekunder dan tersier. Perubahan struktur produksi dapat terjadi karena :
 Sifat manusia dalam perilaku konsumsinya yang cenderung berubah dari konsumsi barang barang pertanian menuju konsumsi lebih banyak barang-barang industri
 Perubahan teknologi yang terus-menerus, dan
 Semakin meningkatnya keuntungan komparatif dalam memproduksi barang-barang industri.
Struktur produksi nasional pada awal tahun pembangunan jangka panjang ditandai oleh peranan sektor primer, tersier, dan industri. Sejalan dengan semakin meningkatnya proses pembangunan ekonomi maka pada akhir Pelita V atau kedua, struktur produksi nasional telah bergeser dari dominasi sektor primer menuju sektor sekunder.

PENDAPATAN NASIONAL
Pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga (RTK) di suatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi dalam satu periode, biasanya selama satu tahun.
pendapatan nasional dapat dilihat dengan tiga pendekatan, yaitu pendekatan nilai produksi, pendeketan pengeluaran dan pendekatan pendapatan.
Karena ada tiga macam pendekatan dalam melihat pendapatan nasional maka pendapatan nasional mempunyai tiga arti yaitu sebagai berikut :
1. Nilai semua barang dan jasa (output) yang dihasilkan pada suatu negara selama satu tahun.
2. Jumlah semua pengeluaran yang terjadi pada suatu Negara untuk membeli barang dan jasa selama satu tahun
3. Jumlah semua pendapatan yang diterima pemilik faktor produksi sebagai balas jasa penggunaan faktor-faktor produksi pada suatu negara selama satu tahun.

Untuk memahami lebih rinci tentang pendapatan nasional berikut ini akan dibahas konsep pendapatan nasional.

Konsep Pendapatan Nasional
PDB/GDP (Gross Domestic Product) dan PDRB (Produk Domestik Regional Bruto)
PDB merupakan jumlah produk barang dan jasa yang dihasilkan oleh unit-unit produki dalam suatu negara dalam satu tahun. Termasuk juga barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan/orang asing yang beroperasi di wilayah negara yang bersangkutan. Pengertian ini sering disebut “konsep kewilayahan”. Bagaimana dengan jumlah produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh tingkat wilayah, provinsi maupun kabupaten/kotamadya digunakan produk regional bruto (PDRB). PDRB merupakan sebagian dari PDB sehingga perubahan yang terjadi ditingkat regional dan berpengaruh terhadap PDB atau sebaliknya. PDRB dapat menggambarkan kamampuan suatu daerah mengelola sumber daya alam yang dimilikinya. Oleh karena itu besarnya PDRB yang dihasilkan oleh masing-masing provinsi sangat tergantung kepada potensi sumber daya alam dan faktor produksi daerah tersebut. Adanya keterbatasan dalam penyediaan faktor-faktor tersebut menyebabkan besarnya PDRB bervariasi antar daerah.
Produksi Nasional Bruto (PNB) atau Gross National Product (GNP)
PNB merupakan jumlah barang dan jasa yang dihasilkan oleh penduduk warga negara suatu negara yang tinggal di dalam negeri maupun yang ada di luar negeri. Pengertian ini sering disebut”konsep kewarganegaraan”
Konsep PDB atau PNB digunakan sebagai tolok ukur tingkat kemajuan ataupun kemunduran perekonomian suatu Negara.
NNP atau produk nasional bersih
NNP merupakan jumlah nilai jasa yang dihasilkan oleh masyarakat dalam periode tertentu. Biasanya satu tahun setelah dikurangi penyusutan barang modal. Dengan demikian perhitungan NNP sebagai berikut





NI atau pendapatan nasional
NI adalah jumlah seluruh penerimaan yang diterima masyarakat dalam periode tertentu, biasanya satu tahun, setalah dikurangi pajak tidak langsung
Pendapatan yang siap dibelanjakan (Disposable Income) adalah pendapatan yang siap untuk dimanfaatkan guna membeli barang dan jasa konsumsi dan selebihnya menjadi tabungan yang disalurkan menjadi investasi. Disposable income ini diperoleh dari personal income (PI) dikurangi dengan pajak langsung. Pajak langsung (direct tax) adalah pajak yang bebannya tidak dapat dialihkan kepada pihak lain, artinya harus langsung ditanggung oleh wajib pajak, contohnya pajak pendapatan.

Pendapatan perkapita adalah besarnya pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara. Pendapatan perkapita didapatkan dari hasil pembagian pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah penduduk negara tersebut. Pendapatan perkapita juga merefleksikan PDB perkapita.
Pendapatan per kapita (per capita income) adalah pendapatan rata-rata penduduk suatu negara pada suatu periode tertentu, yang biasanya satu tahun. Pendapatan per kapita bisa juga diartikan sebagai jumlah dari nilai barang dan jasa rata-rata yang tersedia bagi setiap penduduk suatu negara pada suatu periode tertentu. Pendapatan per kapita diperoleh dari pendapatan nasional pada tahun tertentu dibagi dengan jumlah penduduk suatu negara pada tahun tersebut.
Pendapatan perkapita sering digunakan sebagai tolak ukur kemakmuran dan tingkat pembangunan sebuah negara; semakin besar pendapatan perkapitanya, semakin makmur negara tersebut.
Konsep pendapatan nasional yang biasa dipakai dalam menghitung pendapatan per kapita pada umumnya adalah Pendapatan Domestik Bruto (PDB) atau Produk Nasional Bruto (PNB). Dengan demikian, pendapatan per kapita dari suatu negara dapat dihitung dengan menggunakan rumus sebagai berikut:
Daftar pustaka :
http://tugaskuliah-adit.blogspot.com/2011/04/pendapatan-nasional.html http://riyanikusuma.wordpress.com/2011/04/15/struktur-produksi/ http://galihpangestu14.wordpress.com/2011/04/22/struktur-produksi-distribusi-pendapatan-dan-kemiskinan/
http://www.e-dukasi.net/mol/datafitur/modul_online/MO_6/images/eko202_01.jpg

COMMENTS

Name

HIBURAN Tugas Kuliah Tulisan UG
false
ltr
item
My Little World : struktur produksi
struktur produksi
My Little World
http://yugisusanti.blogspot.com/2012/03/struktur-produksi.html
http://yugisusanti.blogspot.com/
http://yugisusanti.blogspot.com/
http://yugisusanti.blogspot.com/2012/03/struktur-produksi.html
true
5271802375267296507
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy