TUGAS ETIKA PROFESI AKUNTANSI

NAMA : YUGI SUSANTI NPM : 27211635 KELAS :4 EB18 ETIKA 1. Jelaskan Etika sebagai tinjauan :  Pengertian Etika  Istilah Etika ...

NAMA : YUGI SUSANTI
NPM : 27211635
KELAS :4 EB18



ETIKA

1. Jelaskan Etika sebagai tinjauan : 

  • Pengertian Etika 
Istilah Etika berasal dari yunani kuno, yakni "Ethikos", yang berarti timbul dari kebiasaan. Etika adalah suatu dimana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi suatu studi mengenai penilaian moral dan standar. Etika dapat diklasifikasikan menjadi 3 bagian, yaitu studi konsep etika (meta-etika), study penentuan nilai etika (etika normatif), dan studi penggunaan nilai etika(etika terapan)

Etika juga dapat bermakna suatu karakter, watak kesusilaan, ataupun adat kebiasaan dimana etika berhubungan erat dengan suatu konsep individual atau kelompok yang bertindak sebagai alat evaluasi terhadap suatu yang telah dilakukuan atau sebagai alat penilaian kebenaran.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia 1989 :
Etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak), kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlaq ; nilai mengenai nilai benar dan salah, yang dianut suatu golongan atau masyarakat.

Suseno, 1987
Etika adalah suatu ilmu yang membahas tentang bagaimana dan mengapa kita mengikuti suatu ajaran moral tertentu atau bagaimana kita harus mengambil sikap yang bertanggung jawab berhadapan dengan berbagai ajaran moral.

Kattsoff, 1986
Etika sebenarnya lebih banyak bersangkutan dengan prinsip-prinsip dasar pembenaran dalan hubungan tingkah laku manusia.

  • Prinsip-Prinsip Etika

Para ahli telah mencoba menafsirkan etika sebagai suatu landasan dan pedoman hidup bermasyarakat, sehingga telah menghasilkan ratusan macam ide yang kemudian diringkas menjadi enam prinsip yang terdiri dari :
 a. Prinsip Keindahan
Suatu prinsip yang didasari segala sesuatu yang mencangkup penikmatan rasa senang terhadap keindahan, yang memperhgatikan nilai-nilai keindahan dan memperlihatkan sesuatu yang indah dan perilakunya. Contoh berpakaian yang baik dan indah sehingga keindahan tersebut dapat menimbulkanrasa semangat bagi yang melihatnya.

b. Prinsip Persamaan
     Bahwa setiap manusia memiliki hak dan tanggung jawab yang sama, sehingga memunculkan persamaan hak antara perempuan dan laki-laki, yang tidak membedakan antara ras, dan persamaan disemua aspek, sehingga tidak ada suatu perbuatan yang saling mendiskriminasi.

c. Prinsip Kebaikan
     Prinsip ini melatih kita untuk selalu berbuat baik, dapat berinteraksi dengan lingkunganya dan selalu berperilaku dengan dilandasi atas kebaikan. Prinsip ini mengandung makna nilai-nilai kemanusiaan seperti moral, hormat, menghormati, saling membantu, kasih sayang, berbudi dan lainnya.

d. Prinsip keadilan
     Setiap perbuatan/perilaku harus didasari keadilan, contohnya kita harus bertindak adil dan mengambil segala keputusan dengan seadil-adilnya tanpa memihak salah satu pihak. Keadilan ini bermakna suatu penetapan, kemauan untuk memberikan apa yang semestinya diperoleh yang didasari atas kebenaran dan sesai haknya.

e. Prinsip Kebebasan
    Sebagai keleluasaan masyarakat dan individu dalam berperilaku dan tidak berperilaku. Dalam prinsip kebebasan ini berlandaskan atas HAM sehingga setiap individu berhak dan bebas dalam memutuskan atau melakukan segala sesuatu tanpa kekangan.

f. Prinsip Kebenaran
    Perbuatan harus didasarkan pada logika pengetahuan dan keilmuan yang muncul dari hasil pemikiran yang rtasional atau logis yang dapat dipertanggungjawabkan oleh individu maupun masyarakat.

  • Basis Teori Etika
a. Etika Teleologi
    berasal dari bahasa yunani, yakni "telos" yang memiliki arti tujuan. Adapun maksud dari etika teleologi adalah setiap individu akan melalukan suatu hal demi mencapai suatu tujuan yang diinginkan.  Ada dua alitran dalam teleologi yaitu egoisme etis dan utilitarianisme.

b. Deontologi
     Berasal dari kata "deon" dalam bahasa yunani berartikewajiban. Jadi, setiap perilaku/perbuatan yang dilakukan seseorang wajib mempertanggungjawabkan baik buruknya terhadap suatu perilaku yang telah kita lakukan.
     
c. Teoti Hak
    Memiliki kegunaan dalam menilai dan mengevaluasi suatu perilaku dan perbuatan yakni baik ataupun buruknya. Teori ini memiliki hubungan dengan deontologi dikarenakan dalam teori ini menyatakan hak harus didasarkan pada martabat manusia dan kedudukan martabat itu sama pada setiap manusia, yang , merupakan suatu kewajiban yang didapatkan dan diperjuangkan setiap manusia.

d. Teori keutamaan 
     Adalah setiap m,anusia harus tahu dan dapat memposisiskan perilakunya atau wataknya sehingga individu tersebut dapat berperilaku atau bertingkah laku dengna baik secara moral.

  • Egoism
Istilah Egiosm adalah egoismeyang berasal dari bahasa yunani, yakni kata "ego" yang berarti diri sendiri atau saya dam "-isme"  yang menunjukkan suatu sistem kepercayaan datau filsafat. Jadi pengertian egiosme adalah suatu semangat motivasi dalam melakukan, mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang hanya menguntungkan diri sendiri atau berarti menempatkan diri pada suatu tujuan yang diinginkan tanpa mempedulikan orang lain atau tanpa mempedulikan dampak orang lain atas sesuatu hal yang kita laksanakan guna mencapai suatu tujuanm yung kita inginkan.

2. Dalam Menciptakan Etika Bisnis ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain pengendalian diri dan pengembangan tanggung jawab sosial (social responsibility) jelaskan!

Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis yang mencangkup berbagai macam aspek yang berkaitan dengan individu, masyarakat da juga lingkungan ataupun perusahaan. Etika bisnis yang ada dalam suatu perusahaan dapat membentuk moral, nilai, dan perilaku para karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat serta kepercayaan dengan mitra bisnis . Etika bisnis menjadi suatu pedoman atau standar sehari-hari dengan dilandasi moral yang luhur, baik, jujur, transparan, amanah dan bersikap secara profesioanal.

Dalam menciptakan etika bisnis ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain pengendalian diri, pengembangan tanggungjawab sosial, mempertahankan jati diri, menciptakan persaingan yang sehat dan adil dan sebagainya. Adapun maksud dari pengendalian diri dan pengembangan tanggung jawab sosial adalah :

Pengendalian Diri
Dalam melakukan kegiatan bisnis dibutuhkan da dituntut suatu sikap yang tegas dan amanah dalam melaksanakan kegiatan bisnis yakni semua pihak yang terlibat di dalam sistem bisnis tersebut harus mampu mengendalikan diri mereka masing-masing untuk tidak melakukan kecurangan, penyelewengan atau tindakan yang tidak baik lainnya. Contohnya didalam melakukan bisnis para pelaku bisnis harus berani untuk menolak atau untuk tidak memperoleh apapun dari siapapun dan dalam bentuk apapun . Bisnis yang dijalankan haruslah bersih, transparan, sehingga dalam mendpatkan hasil atau keuntungan yakni berasal dari cara yang baik.

Pengendalian Tanggungjawab Sosial ( Social Responsibility)
Dalam suatu kegiatan bisnis haruslah diseimbangi dengan tanggungjawab, baik itu tanggung jawab bagi diri sendiri, perusahaan, maupun bagi masyarakat sosial. Sehingga dalam pelaksanaan bisnis para pelaku bisnis dituntut untuk melakukan suatu pengembangan tanggung jawab sosial agar dapat lebih peduli terhadap masyarakat. Bentuk kepedulian sosial ini ialah bukan hanya sebatas dalam bentuk uang saja contohnya berupa sumbangan, melainkan kepada suatu bentuk yang lebih baik dan tepat yakni faktor sosial dan lingkungan dalam keseluruhan aspek operasional perusahaan.

Pengembangan tanggung jawab sosial ini juga berarti bahdwa suatu perusahaan dalam melaksanakan kegiatan oerasionalnya harus melihat dan meningkatkan kepedulian terhadap berbagai aspek baik itu sosial, keuangan, pendidikan, dan kesehatan, sehingga perusahaan lebih peka bukan hanya terhadap segala sesuatu yang ada dalam internal perusahaan, melainkan juga pada eksternal perusahaan yang bertujuan untuk mengembangkan masyarakat yang bersifat produktif dengan melibatkan kedua belah pihak secara tidak langsung ataupun langsung.


Sumber :





COMMENTS

Name

HIBURAN Tugas Kuliah Tulisan UG
false
ltr
item
My Little World : TUGAS ETIKA PROFESI AKUNTANSI
TUGAS ETIKA PROFESI AKUNTANSI
My Little World
http://yugisusanti.blogspot.com/2014/09/tugas-etika-profesi-akuntansi.html
http://yugisusanti.blogspot.com/
http://yugisusanti.blogspot.com/
http://yugisusanti.blogspot.com/2014/09/tugas-etika-profesi-akuntansi.html
true
5271802375267296507
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy