TUGAS AKUNTANSI INTERNASIONAL BAB 11

Nama     : Yugi Susanti NPM      : 27211635 Kelas      : 4 EB18 MANAJEMEN RESIKO KEUANGAN Deskripsikan apa saja yang diperlukan dal...

Nama     : Yugi Susanti
NPM      : 27211635
Kelas      : 4 EB18


MANAJEMEN RESIKO KEUANGAN


Deskripsikan apa saja yang diperlukan dalam manajemen risiko perusahaan (ERM)!


Manajemen Risiko dimulai dari proses identifikasi risiko, penilaian risiko, mitigasi, monitoring dan evaluasi. Risiko dapat terjadi pada pelayanan, kinerja, dan reputasi dari institusi yang bersangkutan. Risiko yang terjadi dapat disebabkan oleh berbagai faktor antara lain kejadian alam, operasional, manusia, politik, teknologi, pegawai, keuangan, hukum, dan manajemen dari organisasi. Suatu risiko yang terjadi dapat berasal dari risiko lainnya, dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Risiko rendahnya kinerja suatu instansi berasal dari risiko rendahnya mutu pelayanan kepada publik. Risiko terakhir disebabkan oleh faktor-faktor sumber daya manusia yang dimiliki organisasi dan operasional seperti keterbatan fasilitas kantor. Risiko yang terjadi akan berdampak pada tidak tercapainya misi dan tujuan dari instansi tersebut, dan timbulnya ketidakpercayaan dari publik.


Dalam manajemen risiko perusahaan berdasarkan ERM dibagi menjadi empat hal yaitu
  1. antisipasi pergerakan kurs,
  2. pengukuran risiko kurs valuta asing yang dihadapi perusahaan,
  3. perancangan strategi perlindungan yang memadai,
  4. pembuatan pengendalian manajemen risiko internal
Apakah yang dimaksud dengan risiko pasar? Gambarkan risiko ini dengan contoh valuta asing!


Risiko pasar merupakan kondisi yang dialami oleh suatu perusahaan yang disebabkan oleh perubahan kondisi dan situasi pasar di luar dari kendali perusahaan. Risiko Pasar adalah risiko kerugian yang timbul dari pergerakan harga pasar. Risiko jenis ini timbul dari perubahan tingkat suku bunga, kurs valuta asing, harga ekuitas, dan komoditi.


Contoh :
PT. Aduba di Indonesia membeli barang dagangan dari perusahaan kebangsaan Malaysia pada tanggal 1 Des 2007 sebesar 10.000 ringgit saat kurs spot Rp770. Saat tutup buku 31 Des 2007 kurs spot Rp765. Saat pelunasan hutang 30 Jan 2008, kurs spot Rp775. Pencatatan transaksi tersebut :


1 Des 2007
Persediaan                                                       Rp7.700.000 -
Hutang dagang (ma)                                                                                 Rp7.700.000


31 Des 2007
Hutang dagang (ma)                                      Rp50.000 -
Keuntungan pertukaran mata uang                                                        - Rp50.000


30 Jan 2008
Hutang dagang (ma)                                      Rp7.650.000 -
Kerugian pertukaran mata uang                    Rp100.000 -
Kas -                                                                                                         Rp7.750.000



Apakah yang dimaksud dengan derivatif keuangan dan masalah akuntansi apa saja yang berhubungan dengannya?

Derivatif keuangan merupakan sebuah kontrak bilateral atau perjanjian penukaran pembayaran yang nilainya diturunkan atau berasal dari produk yang menjadi "acuan pokok" atau juga disebut"produk turunan", daripada memperdagangkan atau menukarkan secara fisik suatu aset, pelaku pasar membuat suatu perjanjian untuk saling mempertukarkan uang, aset, atau suatu nilai di suatu masa yang akan datang dengan mengacu pada aset yang menjadi acuan pokok.


Masalah akuntansi apa saja yang berhubungan dengan derivatif keuangan :
· Hedging nilai wajar
· Swap suku bunga
· Hedging arus kas
· Akuntansi untuk derivatif yang tertanam
· Mengkualifikasikan kriteria hedging
· Pengungkapan tentang instrumen keuangan dan derivatif


Apakah yang dimaksud dengan kontrak igon keuangan? Apakah bedanya dari kontrak berjangka?

Kontrak igon adalah kontrak pertukaran valuta yang menginginkan pengantaran sejumlah nilai mata uang pada tanggal yang telah disepakati di masa depan.

Perbedaan antara kontrak igon dengan kontrak berjangka terletak pada nilai valutanya. Jika kontrak igon nilai valuta ditentukan pada akhir kontrak dan jika kontrak berjangka menggunakan nilai valuta pada saat awal kontrak.

COMMENTS

Name

HIBURAN Tugas Kuliah Tulisan UG
false
ltr
item
My Little World : TUGAS AKUNTANSI INTERNASIONAL BAB 11
TUGAS AKUNTANSI INTERNASIONAL BAB 11
My Little World
http://yugisusanti.blogspot.com/2015/06/tugas-akuntansi-internasional-bab-11.html
http://yugisusanti.blogspot.com/
http://yugisusanti.blogspot.com/
http://yugisusanti.blogspot.com/2015/06/tugas-akuntansi-internasional-bab-11.html
true
5271802375267296507
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy